fash-ling.com

Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

Sebenarnya agak sedikit membosankan ketika harus mengatakan bahwa tahap tubuh kembang setiap anak itu berbeda, tapi itulah yang bisa dikatakan dan harus di pahami oleh setiap orang tua. Otak pada anak yang berusia dua tahun akan membentuk hubungan saraf yang rumit yang jumlah juga tidak bisa di hitung.

Proses pertumbuhan anak di pengaruhi banyak faktor, mulai dari asupan gizi, lingkungan dan faktor genetik tentunya. Ada anak yang kemampuan verbalnya lebih cepat berkembang sehingga saat berbicara lebih jelas dan kaya akan kosakata. Ada juga yang motoriknya berkembang dengan cepat, ketika berjalan lebih stabil, duduk dan berdiri terlihat lebih tegas dll

Perkembangan Anak Pada Usia 2 Tahun

Usia 2 tahun, dimana yang anak lagi gemeznya untuk diajakin main, cubit pipi kiri cubit pipi kanan dll. Tapi pada usia 2 tahun, akan ada banyak kejuatan bagi kita sebagai orang tua. Ada banyak hal baru yang baru bisa di lakukan dan akan kita lihat setiap harinya.

Perkembangan motorik anak usia 2 tahun, kordinasi tubuh dan keseimbangan mulai stabil, berjalan tidak lagi mudah jatuh walau agak meragukan jalannya. Pada tahap ini anak sudah bisa berlari, jalan tidak lagi merambat di dinding, berdiri juga tidak perlu pegangan lagi.

Perkembangan kognitif dan bahasa tentunya ini juga akan ada perbedaan signifikan setiap harinya. Kosakata yang dimiliki anak akan semakin banyak, banyaknya kosakata di pengaruhi oleh interaksinya terhadap orang-orang di lingkungan sekitar. Ketika menyampai keinginannya anak mulai menunjuk apa yang di inginkan di imbangi kosa kata sederhana yang bisa mudah di mengerti atau sama sekali tidak di mengerti oleh orang tua. Anak di usia 2 tahun sudah tau nama orang tuanya pada umumnya, ketika sudah terbiasa menonton kartun kesayangan biasanya juga sudah bisa menyebutkan.

Nah untuk emosi dan sosial perkembanganya di tandai dengan anak yang mulai bisa menyampaikan emosinya secara bertahap. Karena kemampuannya masih bertahap sehingga terkadang sulit di pahami oleh kita selaku orang dewasa, membuat anak menjadi frustasi sehingga kadang anak akan berteriak, menendang dll Pada fase ini kita selaku orang tua harus lebih sabar dan memberikan pengertian secara perlahan.

Mulai usia 2 tahun dan seterusnya anak akan lebih sering menirukan tingkah laku, bahasa, kosakata berdasarkan lingkungan di sekitarnya. Oleh sebab itu sebagai orang tua untuk lebih bijak ketika berbicara, tidak membiasakan berbicara kasar di depan anak. Karena anak akan dengan cepat merekam di otaknya, lalu menirukannya.

Agar pertumbuhan anak maksimal pada usia 2 tahun, maka berikanlah susu pertumbuhan anak 2 tahun agar menunjanga kebutuhan nutrsi bagi anak, agar tubuh dan otaknya berkembang dengan baik serta sehat.